Ringkasan Ilmu

Agar Terhindar dari Konflik Rumah Tangga

March 9, 2020

๐Ÿ“– Kajian Akhir Pekan

Untuk menghindari konflik dalam rumah tangga, ada beberapa poin.

1โƒฃ Jangan pernah menuntut pasangan seperti yang kita mau.

Itu sama saja berharap deburan ombak dari tepi ke tengah laut. Lebih baik kita rubah cara kita menyikapi pasangan. Sebab merubah dia seperti yang kita mau, ini kadang menyebabkan konflik.

2โƒฃ Untuk menuju lebih baik lagi, menghindari konflik ini, sebaiknya setiap kita berperan sesuai dengan peran yang diamanahkan.

Si suami, jadilah suami yang baik sebagai pemimpin. Istri jadilah pendamping yang baik sebagai pendamping. Dan itu kemudian kita ajarkan kepada anak-anak.

Sebab pengalaman-pengalaman yang ada, konflik itu terjadi karena Si-A menuntut Si-B seperti yang dia mau. Sementara dia sendiri tidak memerankan perannya secara baik. Akhirnya, ya; saling balas, saling menyakiti, menindaslah, ini tidaklah baik.

Kalau setiap orang menjalankan perannya, dia akan menjadi produsen kebaikan dan energi itu akan selalu saling memberi dan saling menguatkan satu sama lain.

Kalau saya pribadi punya prinsip begini, saya harus menjadi suami pemimpin masuk surga sekeluarga. Saya harus didik istri saya menjadi pendamping masuk surga sekeluarga. Saya harus didik anak saya menjadi jembatan masuk surga sekeluarga. Atau kalau perlu saya harus inspirasikan mertua agar mereka menjadi kakek dan nenek teladan masuk surga sekeluarga. Baiti jannati, Sehingga suasana itu mulai terbangun dan cara kita memandang pasangan kemudian juga mulai berubah.

๐Ÿ“– Inspirasi Hadits:

ูˆูŽุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ุฑูŽุงุนู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุจูŽูŠู’ุชูู‡ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู…ูŽุณู’ุฆููˆู„ูŒ ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉู ุฑูŽุงุนููŠูŽุฉูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุจูŽูŠู’ุชู ุจูŽุนู’ู„ูู‡ูŽุง ูˆูŽูˆูŽู„ูŽุฏูู‡ู ูˆูŽู‡ููŠูŽ ู…ูŽุณู’ุฆููˆู„ูŽุฉูŒ ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ู’

โ€œSeorang suami adalah pemimpin atas anggota keluarganya dan akan ditanya perihal keluarga yang dipimpinnya. Seorang isteri adalah pemimpin atas rumah tangga dan anak-anaknya dan akan ditanya perihal tanggung jawabnya.โ€ (HR.Muslim).

KH. Bachtiar Nasir
_____________________
UBN Digital Academy
Admin : 0811 872 2017
Instagram : @ubndigitalacademy
Ikuti juga Channel Telegram kami utk dapatkan materi harian Tadabbur Qur’an Tematik : https://t.me/bachtiarnasir_official

โ€œTadabbur Hidayah Qur’an: Cerahkan Pikiran, Cahayakan Hati untuk Amal yang Terbaikโ€

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply