Agar Terhindar dari Konflik Rumah Tangga

? Kajian Akhir Pekan

Untuk menghindari konflik dalam rumah tangga, ada beberapa poin.

1⃣ Jangan pernah menuntut pasangan seperti yang kita mau.

Itu sama saja berharap deburan ombak dari tepi ke tengah laut. Lebih baik kita rubah cara kita menyikapi pasangan. Sebab merubah dia seperti yang kita mau, ini kadang menyebabkan konflik.

2⃣ Untuk menuju lebih baik lagi, menghindari konflik ini, sebaiknya setiap kita berperan sesuai dengan peran yang diamanahkan.

Si suami, jadilah suami yang baik sebagai pemimpin. Istri jadilah pendamping yang baik sebagai pendamping. Dan itu kemudian kita ajarkan kepada anak-anak.

Sebab pengalaman-pengalaman yang ada, konflik itu terjadi karena Si-A menuntut Si-B seperti yang dia mau. Sementara dia sendiri tidak memerankan perannya secara baik. Akhirnya, ya; saling balas, saling menyakiti, menindaslah, ini tidaklah baik.

Kalau setiap orang menjalankan perannya, dia akan menjadi produsen kebaikan dan energi itu akan selalu saling memberi dan saling menguatkan satu sama lain.

Kalau saya pribadi punya prinsip begini, saya harus menjadi suami pemimpin masuk surga sekeluarga. Saya harus didik istri saya menjadi pendamping masuk surga sekeluarga. Saya harus didik anak saya menjadi jembatan masuk surga sekeluarga. Atau kalau perlu saya harus inspirasikan mertua agar mereka menjadi kakek dan nenek teladan masuk surga sekeluarga. Baiti jannati, Sehingga suasana itu mulai terbangun dan cara kita memandang pasangan kemudian juga mulai berubah.

? Inspirasi Hadits:

وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى بَيْتِ بَعْلِهَا وَوَلَدِهِ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْهُمْ

“Seorang suami adalah pemimpin atas anggota keluarganya dan akan ditanya perihal keluarga yang dipimpinnya. Seorang isteri adalah pemimpin atas rumah tangga dan anak-anaknya dan akan ditanya perihal tanggung jawabnya.” (HR.Muslim).

KH. Bachtiar Nasir
_____________________
UBN Digital Academy
Admin : 0811 872 2017
Instagram : @ubndigitalacademy
Ikuti juga Channel Telegram kami utk dapatkan materi harian Tadabbur Qur’an Tematik : https://t.me/bachtiarnasir_official

“Tadabbur Hidayah Qur’an: Cerahkan Pikiran, Cahayakan Hati untuk Amal yang Terbaik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *