Resep Tongseng Kambing

Resep Tongseng Kambing

Hari Raya Idul Adha pasti identik sama daging. Idul Adha kali ini ga bisa pulang kampung karena adanya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), jadi lebaran di Bojonegoro aja sambil cobain resep baru. Biasanya daging qurban pasti dijadiin sate, nah kali ini aku mau nyoba bikin tongseng karena jujur tongseng adalah menu yang dulu pernah aku coba, tapi langsung ga suka. Kaya ga cocok gitu sama rasa kuah, daging, sayur kol, aneh di lidah. Dulu nyobain pertama pas lagi di Jakarta, tongseng ini jadi pasangan pas makan sate ayam atau sate kambing. Gara-gara itu, aku jadi penasaran mau bikin lagi pake resep yang aku temuin di website, entah cookpad atau dimana gitu uda agak lupa. Ternyata kok resepnya gampang banget. Bahan bumbunya uda ada di rumah, jadi tinggal eksekusi aja.

Bahan halus:
1. Bawang putih
2. Bawang merah
3. Cabe keriting – 2
4. Cabe rawit – 7
5. Kemiri bakar – 1

Bahan lain:
1. Sereh – 1
2. Daun salam – 2
3. Daun jeruk – 4
4. Jahe
5. Laos
6. Ketumbar
7. Totole, garam, gula, lada
8. Kecap
9. Jeruk nipis
10. Bawang daun/ loncang
11. Kol
12. Tomat potong dadu
13. Daging sapi/ kambing
14. Santan cair/ bubuk

Belakangan ini aku uda jarang ngupas bawang merah, bawang putih. Karena lebih enak nyetok bawang merah dan bawang putih yang uda dihalusin terus simpen di kulkas. Kalau mau masak, tinggal sendok aja. Ga ada drama nangis karena mata perih ngupas bawang hehe.. Jadi di resep ini ga pake jumlah bawang merah dan bawang putih yang diperluin. Langsung aja ke tahapannya ya.

  1. Panaskan teflon beberapa detik.
  2. Masukin bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan. Ga perlu kasih minyak goreng karena pas ngeblender bawang uda aku kasih minyak.
  3. Masukin cabe keriting, cabe rawit dan kemiri yang sudah dihaluskan.
  4. Tumis sampai harum. Tambahkan sereh yang uda di geprek. Masukkan daun salam, daun jeruk dan jahe yang sudah di geprek. Tambahin laos bubuk dan ketumbar. Lalu, aduk merata.
  5. Masukin daging yang uda di rebus sampai empuk dan uda di potong-potong kecil. Aduk rata sama bumbu biar ngeresep bumbunya.
  6. Tambahkan air kaldu. Air yang di pakai buat rebus daging. Kalau kurang, tambahkan air mineral. Aduk lalu tunggu sebentar sampai mendidih. Kemudian tambahkan santan cair atau bubuk. Dan aduk
  7. Masukan kol, lalu tomat, dan bawang daun.
  8. Tambahkan totole, gula, garam dan lada. Koreksi rasa sampai sesuai selera yang diinginkan.

Resep di atas anti gagal dan pasti ngabisin nasi banyak. Oh iya, cabe rawit 7 itu ternyata hasilnya pedes banget. Jadi kalau mau pedesnya sedang atau cukup, mungkin bisa pake rawit 3 aja. Pas bikin resep ini hasilnya super pedasss. Jadi, koreksi yang aku lakuin dengan cara nambahin, kecap manis, gula dan garam. Biar makin segar di lidah, aku tambahin jeruk nipis dikit terus aduk rata. Hasilnya, enak banget. Langsung pengen cepet-cepet ambil nasi di piring.

Ada satu lagi nih rahasia enak resep daging, diinepin semalem. Maksudnya kalau kita bikin hari ini, terus besok pagi diangetin lagi. Di jamin masakan yang uda enak itu, bakal lebih enak lagi karena si daging uda ngeresep bumbu. Jadi pengen nyoba resep perdagingan yang lain nih. Apa lagi ya…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *