Browsing Tag

notes

Ringkasan Ilmu

Pelajarilah Dahulu Adab dan Akhlaq

January 29, 2016

Bismillaahirrahmaanirrahiim

๐Ÿ’ŽPelajarilah Adab Sebelum Mempelajari Ilmu

Ketahuilah bahwa ulama salaf sangat perhatian sekali pada masalah adab dan akhlak. Mereka pun mengarahkan murid-muridnya mempelajari adab sebelum menggeluti suatu bidang ilmu dan menemukan berbagai macam khilaf ulama. Imam Darul Hijrah, Imam Malik rahimahullah pernah berkata pada seorang pemuda Quraisy,

ุชุนู„ู… ุงู„ุฃุฏุจ ู‚ุจู„ ุฃู† ุชุชุนู„ู… ุงู„ุนู„ู…

โ€œPelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu.โ€

Kenapa sampai para ulama mendahulukan mempelajari adab? Sebagaimana Yusuf bin Al Husain berkata,

ุจุงู„ุฃุฏุจ ุชูู‡ู… ุงู„ุนู„ู…

โ€œDengan mempelajari adab, maka engkau jadi mudah memahami ilmu.โ€

Guru penulis, Syaikh Sholeh Al โ€˜Ushoimi berkata, โ€œDengan memperhatikan adab maka akan mudah meraih ilmu. Sedikit perhatian pada adab, maka ilmu akan disia-siakan.โ€

Oleh karenanya, para ulama sangat perhatian sekali mempelajarinya.

๐Ÿ‘คIbnul Mubarok berkata,

ุชุนู„ู…ู†ุง ุงู„ุฃุฏุจ ุซู„ุงุซูŠู† ุนุงู…ุงู‹ุŒ ูˆุชุนู„ู…ู†ุง ุงู„ุนู„ู… ุนุดุฑูŠู†

โ€œKami mempelajari masalah adab itu selama 30 tahun sedangkan kami mempelajari ilmu selama 20 tahun.โ€

๐Ÿ‘คIbnu Sirin berkata,

ูƒุงู†ูˆุง ูŠุชุนู„ู…ูˆู† ุงู„ู‡ุฏูŠูŽ ูƒู…ุง ูŠุชุนู„ู…ูˆู† ุงู„ุนู„ู…

โ€œMereka -para ulama- dahulu mempelajari petunjuk (adab) sebagaimana mereka menguasai suatu ilmu.โ€

๐Ÿ‘คMakhlad bin Al Husain berkata pada Ibnul Mubarok,

ู†ุญู† ุฅู„ู‰ ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุฃุฏุจ ุฃุญูˆุฌ ู…ู†ุง ุฅู„ู‰ ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุญุฏูŠุซ

โ€œKami lebih butuh dalam mempelajari adab daripada banyak menguasai hadits.โ€ Ini yang terjadi di zaman beliau, tentu di zaman kita ini adab dan akhlak seharusnya lebih serius dipelajari.

Dalam Siyar Aโ€™lamin Nubalaโ€™ karya Adz Dzahabi disebutkan bahwa โ€˜Abdullah bin Wahab berkata,

ู…ุง ู†ู‚ู„ู†ุง ู…ู† ุฃุฏุจ ู…ุงู„ูƒ ุฃูƒุซุฑ ู…ู…ุง ุชุนู„ู…ู†ุง ู…ู† ุนู„ู…ู‡

โ€œYang kami nukil dari (Imam) Malik lebih banyak dalam hal adab dibanding ilmunya.โ€ โ€“

๐Ÿ‘คImam Malik juga pernah berkata, โ€œDulu ibuku menyuruhku untuk duduk bermajelis dengan Robiโ€™ah Ibnu Abi โ€˜Abdirrahman -seorang fakih di kota Madinah di masanya-. Ibuku berkata,

ุชุนู„ู… ู…ู† ุฃุฏุจู‡ ู‚ุจู„ ุนู„ู…ู‡

โ€œPelajarilah adab darinya sebelum mengambil ilmunya.โ€

๐Ÿ‘คImam Abu Hanifah lebih senang mempelajari kisah-kisah para ulama dibanding menguasai bab fiqih. Karena dari situ beliau banyak mempelajari adab, itulah yang kurang dari kita saat ini. Imam Abu Hanifah berkata,

ุงู„ู’ุญููƒูŽุงูŠูŽุงุชู ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกู ูˆูŽู…ูุฌูŽุงู„ูŽุณูŽุชูู‡ูู…ู’ ุฃูŽุญูŽุจู‘ู ุฅู„ูŽูŠู‘ูŽ ู…ูู†ู’ ูƒูŽุซููŠุฑู ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ููู‚ู’ู‡ู ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุขุฏูŽุงุจู ุงู„ู’ู‚ูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽุฃูŽุฎู’ู„ูŽุงู‚ูู‡ูู…ู’

โ€œKisah-kisah para ulama dan duduk bersama mereka lebih aku sukai daripada menguasai beberapa bab fiqih. Karena dalam kisah mereka diajarkan berbagai adab dan akhlaq luhur mereka.โ€
๐Ÿ“’(Al Madkhol, 1: 164)

Di antara yang mesti kita perhatikan adalah dalam hal pembicaraan, yaitu menjaga lisan. Luruskanlah lisan kita untuk berkata yang baik, santun dan bermanfaat. โ€˜Umar bin โ€˜Abdul โ€˜Aziz berkata,

ู…ู† ุนุฏู‘ูŽ ูƒู„ุงู…ู‡ ู…ู† ุนู…ู„ู‡ ุŒ ู‚ู„ู‘ูŽ ูƒู„ุงู…ูู‡ ุฅู„ุง ููŠู…ุง ูŠุนู†ูŠู‡

โ€œSiapa yang menghitung-hitung perkataannya dibanding amalnya, tentu ia akan sedikit bicara kecuali dalam hal yang bermanfaatโ€ Kata Ibnu Rajab, โ€œBenarlah kata beliau. Kebanyakan manusia tidak menghitung perkataannya dari amalannyaโ€
๐Ÿ“’ (Jaamiโ€™ul โ€˜Ulum wal Hikam, 1: 291).

Yang kita saksikan di tengah-tengah kita, โ€œTalk more, do less (banyak bicara, sedikit amalan)โ€.

๐Ÿ’ŽBerbeda Pendapat Bukan Berarti Mesti Bermusuhan

Sungguh mengagumkan apa yang dikatakan oleh ulama besar semacam Imam Syafiโ€™i kepada Yunus Ash Shadafiy -nama kunyahnya Abu Musa-. Imam Syafiโ€™i berkata,

ูŠูŽุง ุฃูŽุจูŽุง ู…ููˆู’ุณูŽู‰ุŒ ุฃูŽู„ุงูŽ ูŠูŽุณู’ุชูŽู‚ููŠู’ู…ู ุฃูŽู†ู’ ู†ูŽูƒููˆู’ู†ูŽ ุฅูุฎู’ูˆูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ู†ูŽุชู‘ูŽููู‚ู’ ูููŠู’ ู…ูŽุณู’ุฃูŽู„ูŽุฉู

โ€œWahai Abu Musa, bukankah kita tetap bersaudara (bersahabat) meskipun kita tidak bersepakat dalam suatu masalah?โ€
๐Ÿ“’ (Siyar Aโ€™lamin Nubalaโ€™, 10: 16).

๐Ÿ’ŽBerdoalah Agar Memiliki Adab dan Akhlak yang Mulia

Dari Ziyad bin โ€˜Ilaqoh dari pamannya, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam membaca doโ€™a,

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ูู‰ ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑูŽุงุชู ุงู„ุฃูŽุฎู’ู„ุงูŽู‚ู ูˆูŽุงู„ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ู ูˆูŽุงู„ุฃูŽู‡ู’ูˆูŽุงุกู

โ€œAllahumma inni aโ€™udzu bika min munkarotil akhlaaqi wal aโ€™maali wal ahwaaโ€™ [artinya: Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari akhlaq, amal dan hawa nafsu yang mungkar].โ€
๐Ÿ“’(HR. Tirmidzi no. 3591, shahih)

Doa Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam yang lainnya,

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุงู‡ู’ุฏูู†ูู‰ ู„ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ู ุงู„ุฃูŽุฎู’ู„ุงูŽู‚ู ู„ุงูŽ ูŠูŽู‡ู’ุฏูู‰ ู„ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูู‡ูŽุง ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ูˆูŽุงุตู’ุฑููู’ ุนูŽู†ู‘ูู‰ ุณูŽูŠู‘ูุฆูŽู‡ูŽุง ู„ุงูŽ ูŠูŽุตู’ุฑููู ุนูŽู†ู‘ูู‰ ุณูŽูŠู‘ูุฆูŽู‡ูŽุง ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ

โ€œAllahummahdinii li ahsanil akhlaaqi laa yahdi li-ahsanihaa illa anta, washrif โ€˜anni sayyi-ahaa, laa yashrif โ€˜anni sayyi-ahaa illa anta [artinya: Ya Allah, tunjukilah padaku akhlak yang baik, tidak ada yang dapat menunjukinya kecuali Engkau. Dan palingkanlah kejelekan akhlak dariku, tidak ada yang memalinggkannya kecuali Engkau].โ€
๐Ÿ“’(HR. Muslim no. 771, dari โ€˜Ali bin Abi Tholib)

ุฃุณุฃู„ ุงู„ู„ู‡ ุฃู† ูŠุฒุฑู‚ู†ุง ุงู„ุฃุฏุจ ูˆุญุณู† ุงู„ุฎู„ู‚

Ya Allah, aku meminta pada-Mu agar mengaruniakan pada kami adab dan akhlak yang mulia.

Aamiin

๐ŸŒmuslim.or.id

Ringkasan Ilmu

Jebakan Maut Kartu Kredit!

October 1, 2015

Kawan saya wajahnya kuyu, pengusaha bisnis kesehatan di Jakarta. Bisnisnya sedang turun drastis, beberapa cabangnya gulung tikar.
“Pusing gue, utang gak selesai-selesai, apalagi kartu kredit nih.. Masih 150 juta, capek ngadepin debt collectornya”

Kawan saya lainnya di Jogja, gaya hidup semu yang dulu dilaluinya membawa dampak tak juga berakhir, aset-aset kemewahan telah dia jual, termasuk motor besar yang dulu menghiasi foto facebooknya.
“Masih berapa hutang kartu kreditmu?” Tanya saya
“Duh! Masih 265 juta lebih.. Ya gimana lagi dah dipakai duitnya, bayar minimum payment gak kurang-kurang juga hutangnya..”

Satu lagi, kawan saya juga ada, sudah 3 bulan tagihan 75 juta kartu kreditnya tak terbayar, rumah disatroni debt collector yang kasar sudah jadi langganan. Fiuuuh!

Saya pun jadi korban, karena nomer HP saya tercatat diperbank-kan bahkan mungkin sudah diperjual belikan, walaupun saya sudah tidak punya kartu kredit apapun, bulan lalu saya dapat SMS dengan huruf besar semua:
BAPAK SAPTUARI SUGIHARTO, SAMPAIKAN KEPADA TEMAN BAPAK PENGUSAHA XXX DI JOGJA YANG ALAMATNYA DI GEJAYAN UNTUK SEGERA MEMBAYAR KARTU KREDITNYA SENILAI 16,7 JUTA YANG SUDAH TELAT BAYAR. ATAU HUBUNGI KAMI DI 024-SEKIAN SEKIAN DI SEMARANG.

….. Gendeng!!! Kalo kalian jadi saya pasti pengen “misuh” juga. Ini siapa dengan SMS memerintah seenaknya pakai huruf besar, Saya mikir enteng sajalah, mungkin dia masih pakai HP keypad yang capslocknya jebol!

Masih inget kasus Irzen Octa tahun 2011 lalu, ketika mau membayar tagihan kartu kredit dari 48 juta yang membengkak jadi 100 juta, dia malah diinterogasi kasar oleh 3 debt collector yang membuatnya meninggal dunia. Searching aja beritanya, masih bertebaran di dunia maya…

————————
Mari kita bahas.. Siap?

Continue Reading

Puisi

Tanpa Jeda

September 4, 2015

Terkadang ada rasa yang menggebu untuk diungkapkan.
Begitu sulit ditahan agar segera tersampaikan.
Aku sanggup untuk meluapkan segalanya tanpa jeda.
Berucap penuh kata tanpa titik, spasi ataupun koma.
Tapi katanya hal-hal yang dijaga hingga tepat pada waktunya, akan terasa lebih indah.
Dan sepertinya aku memilih yang kedua.
Untukmu, dariku yang ingin menjaga agar kau pun tetap terjaga.

 

Tangerang, 4 September 2015 |ย Inspirasi: Pertemuan malam ini

Tulisan

Meet Me: 150515

May 15, 2015

Hello Dearest Readers …

First of all, thanks for visiting my new blog. As you know, today is a special day and date since I will spend this long weekend with my family and happily announce the new link of my blog (yeayyy!!). Previously, I was (not so) active blogging in agnezrt.wordpress.com. By having this new link, hopefully will bring more spirit to write things I want to share such as: book/music reviews, summaries, notes, recipes, travel notes, etc. Some of the materials that you could see in Categories were migrated from the old link. I will deactivate it soon.

Writing, in my opinion, is a tool on how we could share this endless world from our point of view. And one of my purpose why I need to document it via this blog is sharing. I want to share what I have got in life, what just happened in my circle, anything. Hopefully it could be useful for others and myself in the future. As a human being, searching for meaning also become my purpose in life. I do not want to live my life like โ€˜let the water flowโ€™, we will see the meaning later. What happen in the future, it depends on what action we take today. Letโ€™s change! For a better future, Dear. ๐Ÿ™‚

Last but not least, I want to encourage you if you want to educate people around you or anyone, start writing and publish it. By sharing knowledge, it will never goes away from us. As a wise man said that ..

โ€œKnowledge has no value, unless you use and share it.โ€

So, letโ€™s start gaining more knowledge, sharing and applying it in our daily life.

Have a nice long weekend (for those who take annual leave this Friday).

ย 

Picture taken by: Arry

Location: Z.M. Willem III Lighthouse

Ringkasan Ilmu

Sinyal Kehidupan

May 10, 2015

Kembali saya menulis ringkasan dari kajian rutin Badan Dakwah Islam (BDI) XOM tiap selasa sore. Kali ini tema yang dibahas mengenai kehidupan sehari-hari. Ustadz menjelaskan tentang apa saja yang perlu kita lakukan agar tetap dipandang oleh Allah SWT.

Bersyukur kepada Allah
Melaksanakan kewajiban dari Allah sebagai bentuk rasa syukur, melakukan ibadah seperti sholat, puasa, infaq, sodaqoh. Meninggalkan maksiat, segala sesuatu yang haram dan dosa. Rukun syukur ada tiga (3), yaitu: dengan lisan, dengan hati (fil qolbi), dengan seluruh tubuh (wal jawaari).
Ceritakan kembali apa yang kau lihat, apa yang kau dengar, apa yang kau rasakan. Ma qalallah, qalarasulullah, wa shohabiyyah dan ulama

Sabar ketika mendapat gangguan
Karunia atau musibah tergantung jatuhnya pada siapa. Tetaplah bersabar dalam rangka taat pada Allah, sabar dalam menyikapi berbagai bentuk maksiat kecil atau besar kepada Allah SWT, sabar tatkala tertimpa berbagai macam musibah. Selalu mengingat bahwa tidak ada cara ataupun jalan menuju petunjuk Allah, menuju kemenangan, terhindar dari berbagai fitnah dan menuju surga Allah kecuali TAAT. Taat adalah keutamaan yang lebih besar. Ingat, setiap yang berfadilah besar, godaannya akan jauh lebih besar.
Musibah yang dihadapi seorang hamba jika dihadapi dengan sabar, seperti api disiram air. Padam.

ู‚ูู„ู’ ูŠูŽุง ุนูุจูŽุงุฏู ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุงุชูŽู‘ู‚ููˆุง ุฑูŽุจูŽู‘ูƒูู…ู’ ู„ูู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ููˆุง ูููŠ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุฏูู‘ู†ู’ูŠูŽุง ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉูŒ ูˆูŽุฃูŽุฑู’ุถู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽุงุณูุนูŽุฉูŒ ุฅูู†ูŽู‘ู…ูŽุง ูŠููˆูŽููŽู‘ู‰ ุงู„ุตูŽู‘ุงุจูุฑููˆู†ูŽ ุฃูŽุฌู’ุฑูŽู‡ูู…ู’ ุจูุบูŽูŠู’ุฑู ุญูุณูŽุงุจู

“Katakanlah: ‘Hai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertaqwalah kepada Rabb-mu’. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini, (akan) memperoleh (balasan) kebaikan (dari-Nya). Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah, yang dicukupkan pahala tanpa batas.”ย  – QS. Az Zumar (39):10

Continue Reading

Tulisan

Pilihan

April 30, 2015

Pernah gak sih nulis rencana-rencana yang akan dilakukan selama hidup kalian, kemudian setelah beberapa tahun kemudian kalian baca ulang rencana-rencana tersebut. Beberapa minggu yang lalu, saya membuka ulang catatan di agenda saya yang berisi rencana hidup yang saya buat di tahun 2011. Alhamdulillah beberapa hal sudah tercapai dan saya berencana untuk menambah serta memperbarui rencana-rencana yang sudah saya tulis di 2011.

Semakin bertambah usia kita, kita dihadapkan dengan banyak pintu yang memiliki tujuan yang berbeda. Tak usah ragu, tak usah bimbang. Ikuti saja kemana hati kecilmu memilih. Akan ada resiko di masing-masing pintu yang kau pililih itu. Pilih dan jalani pintu yang memiliki banyak manfaat walaupun resikonya juga paling besar. Hari ini saya kembali dihadapkan dengan pilihan. Setelah menjalani beberapa tahun tinggal sendiri dan jauh dari keluarga tiba-tiba datang kesempatan emas untuk dapat kembali bercengkrama bersama keluarga. Kesempatan ini hadir sesuai dengan rencana yang saya buat di tahun 2011. Honestly, saya belum berani mengambil kesempatan tersebut. Masih banyak hal yang ingin saya lakukan dan terlalu banyak sesuatu yang harus dipertaruhkan jika saya ambil kesempatan tersebut.

Kembali ke beberapa masa yang telah berlalu. Saya dihadapkan pada dua pintu. Kedua pintu tersebut dengan mudah saya dapatkan. Yang saya yakin ada kuasa Allah atas kemudahan tersebut. Saya memilih pintu menuju dunia baru, dunia luar, dunia diluar zona nyaman saya. Tinggal jauh dari keluarga dan sanak saudara. Iya, memang beresiko tinggi namun saya yakin kedua orang tua saya tidak akan serta merta melepaskan saya begitu saja. Mereka masih memeluk saya setiap hari setiap saat dalam doa. Saya takkan menyia-nyiakan kesempatan ini karena perjalanan ini memang penuh resiko dan tantangan. Semuanya bergantung sudut pandang kita dan bagaimana kita bersikap dalam menyelesaikan perjalanan yang sementara ini.

“Nanti setelah kau lelah berjalan dan tau bagaimana rasanya berjuang. Kau akan tau kemana kau menuju dan betapa indahnya pulang ke rumah.”

Ringkasan Ilmu

Pencitraan.. Perlukah ?

April 13, 2015

“Satu lagi dari Mayora”
“Indomie, Seleraku~”

Familiar kan dengan beberapa kata diatas, yap beberapa kata diatas merupakan salah satu bentuk branding yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang kita sama-sama tahu. Saya ingin berbagi catatan tentang “Branding UKM” pada sesi Sharing Bisnis rabu lalu (8 April 2015) bersama Makelar Sedekah (MS) dengan pembicara Pak Subiakto atau yang akrab disapa dengan Pak Bi. Berikut ulasan mengenai sesi sharing kemarin.

BRAND

1. Branding ibarat pelari MARATHON. Perlu Stamina dan Daya Tahan
2. Sales ibarat pelari SPRINT. Perlu Power dan Speed
3. Brand hanya dibutuhkan untuk bisnis jangka panjang. Bagi anda yang butuh PELANGGAN
4. Untuk bisnis jangka pendek cukup punya produk yang unik dan skill salesmanship
5. Jenis- jenis branding:
โ€ข Personal Brand
โ€ข Product Brand
โ€ข Komunal Brand

PELAKU UKM

1. UKM Mikro > UKM Kecil (55.856.175 pelaku)
โ€ข Pendapatan kurang dari Rp 300 juta/tahun
โ€ข Kekayaan bersih Rp 50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan
โ€ข Berdiri sendiri
โ€ข Milik Warga Negara Indonesia (WNI)
โ€ข Berbentuk usaha perorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau berbadan hukum
โ€ข 98.8% dari total pelaku ekonomi Indonesia
โ€ข Kontribusi atas pertumbuhan ekonomi 33.08%
โ€ข Penyerapan tenaga kerja 99juta = 90.1% atau rata2 1.7 orang
โ€ข Ciri khas UKM Mikro adalah “Gerobag”, Hubungan Personal
โžข Wilayah Pemasaran yang sempit
โžข Sangat mengenal medan
โžข Sangat mengenal Day-part โ€“ Pola pembelian berdasarkan jam
โžข Mengenal nama, keluarga, tempat tinggal Pelanggan
โžข Mengenal kebiasaan pelanggan
โžข Stok dagangan disesuaikan pola pembelian pelanggan
โžข Modal kepercayaan
โžข Ngebon
โ€ข Kekuatan lainnya : Saling Percaya (Trust)

Continue Reading

Tulisan

Sudahkah Aku Terjaga …

March 20, 2015

Bagaikan sebuah tamparan keras. Ketika seorang teman pernah mengingatkanku untuk lebih berhati-hati dan mengurangi pulang malam. Aku selalu beralasan, insya Allah aku bisa menjaga diri dan dengan tertutup seperti ini semoga aku lebih terjaga.

Namun ia menyampaikan hal lain, ya hal lain yang mungkin selama ini membuat orangtuaku khawatir dan memintaku untuk hanya kuliah saja dan berhenti ber-organisasi.

“Justru dengan tertutupnya dirimu, itu lebih membuat orang yang berpenyakit lebih penasaran dan tertarik.”

Plak !! itulah rasanya ketika temanku mengingatkanku saat aku masih tingkat pertama kuliah.

Dan hari ini, ya aku mulai menyadari. Selama ini mungkin caraku belum benar. Aku masih menantang โ€˜bahayaโ€™ dengan statusku sebagai seorang perempuan. Mahluk yang bagaimanapun ditutupi tetap akan syetan perindah dihadapan lelaki yang tak bisa menahan pandangannya.

Sudahkah aku terjaga?

Itulah pertanyaan yang kerap kali muncul dalam benakku, ketika aku merasa ketakutan karena pulang terlalu malam.

Ketika menghadiri majelis-majelis ilmu seorang diri hingga malam menjelang dan karena jarak menjadikan tiba jauh lebih malam.

Ketika berniat ikut andil dalam jalan dakwah, namun lagi-lagi jarak menjadikan seorang perempuan yang kerap pulang malam.

Ketika ingin belajar banyak hal, lagi-lagi juga hal jarak membuat dikenal dengan perempuan yang masih berkeliaran ketika malam menjelang.

Seorang diri, tanpa mahram, rentan dengan fitnah.

Continue Reading

Tulisan

Motivation Words

December 8, 2014

1. Mereka yang beralasan “tidak punya waktu” adalah mereka yang membiarkan waktu mengatur hidupnya, bukan malah sebaliknya.

2. Masalah itu “adil”, ia datang kepada semua orang, tetapi tidak dengan jalan keluar. Jalan keluar hanya datang kepada mereka ฮณang mencarinya.

3. Dunia lebih menghargai orang yang mau melakukan pekerjaan kecil daripada orang yang hanya memiliki rencana besar.

4. Nasib baik tidak pernah salah memilih orang, ia memilih orang yang proaktif menjemputnya.

5. Gunakan perasaan saat menghadapi manusia; gunakan logika saat menghadapi masalah.

6. Jangan hanya tertarik dengan ะฐpa yang dicapai orang sukses, tertariklah dengan air mata yang mereka keluarkan untuk mencapainya.

7. Yang menyedihkan bukanlah “bidikan yang meleset”, tapi “bidikan tanpa target”.

8. Hidup ibarat sebuah buku, Tuhan pena (takdir), akan tetapi Andalah penulisnya (nasib).

9. Hal yang perlu ditakuti saat mengkritik orang lain adalah ketika kita sendiri pun tidak lebih baik dari mereka!

10. “Lovers” adalah alasan saya untuk terus berkarya. “Haters” adalah alasan saya untuk terus bertumbuh.

Source : WhatsApp broadcast