Browsing Tag

sharing

Ringkasan Ilmu

Pelajarilah Dahulu Adab dan Akhlaq

January 29, 2016

Bismillaahirrahmaanirrahiim

๐Ÿ’ŽPelajarilah Adab Sebelum Mempelajari Ilmu

Ketahuilah bahwa ulama salaf sangat perhatian sekali pada masalah adab dan akhlak. Mereka pun mengarahkan murid-muridnya mempelajari adab sebelum menggeluti suatu bidang ilmu dan menemukan berbagai macam khilaf ulama. Imam Darul Hijrah, Imam Malik rahimahullah pernah berkata pada seorang pemuda Quraisy,

ุชุนู„ู… ุงู„ุฃุฏุจ ู‚ุจู„ ุฃู† ุชุชุนู„ู… ุงู„ุนู„ู…

โ€œPelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu.โ€

Kenapa sampai para ulama mendahulukan mempelajari adab? Sebagaimana Yusuf bin Al Husain berkata,

ุจุงู„ุฃุฏุจ ุชูู‡ู… ุงู„ุนู„ู…

โ€œDengan mempelajari adab, maka engkau jadi mudah memahami ilmu.โ€

Guru penulis, Syaikh Sholeh Al โ€˜Ushoimi berkata, โ€œDengan memperhatikan adab maka akan mudah meraih ilmu. Sedikit perhatian pada adab, maka ilmu akan disia-siakan.โ€

Oleh karenanya, para ulama sangat perhatian sekali mempelajarinya.

๐Ÿ‘คIbnul Mubarok berkata,

ุชุนู„ู…ู†ุง ุงู„ุฃุฏุจ ุซู„ุงุซูŠู† ุนุงู…ุงู‹ุŒ ูˆุชุนู„ู…ู†ุง ุงู„ุนู„ู… ุนุดุฑูŠู†

โ€œKami mempelajari masalah adab itu selama 30 tahun sedangkan kami mempelajari ilmu selama 20 tahun.โ€

๐Ÿ‘คIbnu Sirin berkata,

ูƒุงู†ูˆุง ูŠุชุนู„ู…ูˆู† ุงู„ู‡ุฏูŠูŽ ูƒู…ุง ูŠุชุนู„ู…ูˆู† ุงู„ุนู„ู…

โ€œMereka -para ulama- dahulu mempelajari petunjuk (adab) sebagaimana mereka menguasai suatu ilmu.โ€

๐Ÿ‘คMakhlad bin Al Husain berkata pada Ibnul Mubarok,

ู†ุญู† ุฅู„ู‰ ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุฃุฏุจ ุฃุญูˆุฌ ู…ู†ุง ุฅู„ู‰ ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุญุฏูŠุซ

โ€œKami lebih butuh dalam mempelajari adab daripada banyak menguasai hadits.โ€ Ini yang terjadi di zaman beliau, tentu di zaman kita ini adab dan akhlak seharusnya lebih serius dipelajari.

Dalam Siyar Aโ€™lamin Nubalaโ€™ karya Adz Dzahabi disebutkan bahwa โ€˜Abdullah bin Wahab berkata,

ู…ุง ู†ู‚ู„ู†ุง ู…ู† ุฃุฏุจ ู…ุงู„ูƒ ุฃูƒุซุฑ ู…ู…ุง ุชุนู„ู…ู†ุง ู…ู† ุนู„ู…ู‡

โ€œYang kami nukil dari (Imam) Malik lebih banyak dalam hal adab dibanding ilmunya.โ€ โ€“

๐Ÿ‘คImam Malik juga pernah berkata, โ€œDulu ibuku menyuruhku untuk duduk bermajelis dengan Robiโ€™ah Ibnu Abi โ€˜Abdirrahman -seorang fakih di kota Madinah di masanya-. Ibuku berkata,

ุชุนู„ู… ู…ู† ุฃุฏุจู‡ ู‚ุจู„ ุนู„ู…ู‡

โ€œPelajarilah adab darinya sebelum mengambil ilmunya.โ€

๐Ÿ‘คImam Abu Hanifah lebih senang mempelajari kisah-kisah para ulama dibanding menguasai bab fiqih. Karena dari situ beliau banyak mempelajari adab, itulah yang kurang dari kita saat ini. Imam Abu Hanifah berkata,

ุงู„ู’ุญููƒูŽุงูŠูŽุงุชู ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกู ูˆูŽู…ูุฌูŽุงู„ูŽุณูŽุชูู‡ูู…ู’ ุฃูŽุญูŽุจู‘ู ุฅู„ูŽูŠู‘ูŽ ู…ูู†ู’ ูƒูŽุซููŠุฑู ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ููู‚ู’ู‡ู ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุขุฏูŽุงุจู ุงู„ู’ู‚ูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽุฃูŽุฎู’ู„ูŽุงู‚ูู‡ูู…ู’

โ€œKisah-kisah para ulama dan duduk bersama mereka lebih aku sukai daripada menguasai beberapa bab fiqih. Karena dalam kisah mereka diajarkan berbagai adab dan akhlaq luhur mereka.โ€
๐Ÿ“’(Al Madkhol, 1: 164)

Di antara yang mesti kita perhatikan adalah dalam hal pembicaraan, yaitu menjaga lisan. Luruskanlah lisan kita untuk berkata yang baik, santun dan bermanfaat. โ€˜Umar bin โ€˜Abdul โ€˜Aziz berkata,

ู…ู† ุนุฏู‘ูŽ ูƒู„ุงู…ู‡ ู…ู† ุนู…ู„ู‡ ุŒ ู‚ู„ู‘ูŽ ูƒู„ุงู…ูู‡ ุฅู„ุง ููŠู…ุง ูŠุนู†ูŠู‡

โ€œSiapa yang menghitung-hitung perkataannya dibanding amalnya, tentu ia akan sedikit bicara kecuali dalam hal yang bermanfaatโ€ Kata Ibnu Rajab, โ€œBenarlah kata beliau. Kebanyakan manusia tidak menghitung perkataannya dari amalannyaโ€
๐Ÿ“’ (Jaamiโ€™ul โ€˜Ulum wal Hikam, 1: 291).

Yang kita saksikan di tengah-tengah kita, โ€œTalk more, do less (banyak bicara, sedikit amalan)โ€.

๐Ÿ’ŽBerbeda Pendapat Bukan Berarti Mesti Bermusuhan

Sungguh mengagumkan apa yang dikatakan oleh ulama besar semacam Imam Syafiโ€™i kepada Yunus Ash Shadafiy -nama kunyahnya Abu Musa-. Imam Syafiโ€™i berkata,

ูŠูŽุง ุฃูŽุจูŽุง ู…ููˆู’ุณูŽู‰ุŒ ุฃูŽู„ุงูŽ ูŠูŽุณู’ุชูŽู‚ููŠู’ู…ู ุฃูŽู†ู’ ู†ูŽูƒููˆู’ู†ูŽ ุฅูุฎู’ูˆูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ู†ูŽุชู‘ูŽููู‚ู’ ูููŠู’ ู…ูŽุณู’ุฃูŽู„ูŽุฉู

โ€œWahai Abu Musa, bukankah kita tetap bersaudara (bersahabat) meskipun kita tidak bersepakat dalam suatu masalah?โ€
๐Ÿ“’ (Siyar Aโ€™lamin Nubalaโ€™, 10: 16).

๐Ÿ’ŽBerdoalah Agar Memiliki Adab dan Akhlak yang Mulia

Dari Ziyad bin โ€˜Ilaqoh dari pamannya, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam membaca doโ€™a,

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ูู‰ ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑูŽุงุชู ุงู„ุฃูŽุฎู’ู„ุงูŽู‚ู ูˆูŽุงู„ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ู ูˆูŽุงู„ุฃูŽู‡ู’ูˆูŽุงุกู

โ€œAllahumma inni aโ€™udzu bika min munkarotil akhlaaqi wal aโ€™maali wal ahwaaโ€™ [artinya: Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari akhlaq, amal dan hawa nafsu yang mungkar].โ€
๐Ÿ“’(HR. Tirmidzi no. 3591, shahih)

Doa Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam yang lainnya,

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุงู‡ู’ุฏูู†ูู‰ ู„ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ู ุงู„ุฃูŽุฎู’ู„ุงูŽู‚ู ู„ุงูŽ ูŠูŽู‡ู’ุฏูู‰ ู„ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูู‡ูŽุง ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ูˆูŽุงุตู’ุฑููู’ ุนูŽู†ู‘ูู‰ ุณูŽูŠู‘ูุฆูŽู‡ูŽุง ู„ุงูŽ ูŠูŽุตู’ุฑููู ุนูŽู†ู‘ูู‰ ุณูŽูŠู‘ูุฆูŽู‡ูŽุง ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ

โ€œAllahummahdinii li ahsanil akhlaaqi laa yahdi li-ahsanihaa illa anta, washrif โ€˜anni sayyi-ahaa, laa yashrif โ€˜anni sayyi-ahaa illa anta [artinya: Ya Allah, tunjukilah padaku akhlak yang baik, tidak ada yang dapat menunjukinya kecuali Engkau. Dan palingkanlah kejelekan akhlak dariku, tidak ada yang memalinggkannya kecuali Engkau].โ€
๐Ÿ“’(HR. Muslim no. 771, dari โ€˜Ali bin Abi Tholib)

ุฃุณุฃู„ ุงู„ู„ู‡ ุฃู† ูŠุฒุฑู‚ู†ุง ุงู„ุฃุฏุจ ูˆุญุณู† ุงู„ุฎู„ู‚

Ya Allah, aku meminta pada-Mu agar mengaruniakan pada kami adab dan akhlak yang mulia.

Aamiin

๐ŸŒmuslim.or.id

Ringkasan Ilmu

Jebakan Maut Kartu Kredit!

October 1, 2015

Kawan saya wajahnya kuyu, pengusaha bisnis kesehatan di Jakarta. Bisnisnya sedang turun drastis, beberapa cabangnya gulung tikar.
“Pusing gue, utang gak selesai-selesai, apalagi kartu kredit nih.. Masih 150 juta, capek ngadepin debt collectornya”

Kawan saya lainnya di Jogja, gaya hidup semu yang dulu dilaluinya membawa dampak tak juga berakhir, aset-aset kemewahan telah dia jual, termasuk motor besar yang dulu menghiasi foto facebooknya.
“Masih berapa hutang kartu kreditmu?” Tanya saya
“Duh! Masih 265 juta lebih.. Ya gimana lagi dah dipakai duitnya, bayar minimum payment gak kurang-kurang juga hutangnya..”

Satu lagi, kawan saya juga ada, sudah 3 bulan tagihan 75 juta kartu kreditnya tak terbayar, rumah disatroni debt collector yang kasar sudah jadi langganan. Fiuuuh!

Saya pun jadi korban, karena nomer HP saya tercatat diperbank-kan bahkan mungkin sudah diperjual belikan, walaupun saya sudah tidak punya kartu kredit apapun, bulan lalu saya dapat SMS dengan huruf besar semua:
BAPAK SAPTUARI SUGIHARTO, SAMPAIKAN KEPADA TEMAN BAPAK PENGUSAHA XXX DI JOGJA YANG ALAMATNYA DI GEJAYAN UNTUK SEGERA MEMBAYAR KARTU KREDITNYA SENILAI 16,7 JUTA YANG SUDAH TELAT BAYAR. ATAU HUBUNGI KAMI DI 024-SEKIAN SEKIAN DI SEMARANG.

….. Gendeng!!! Kalo kalian jadi saya pasti pengen “misuh” juga. Ini siapa dengan SMS memerintah seenaknya pakai huruf besar, Saya mikir enteng sajalah, mungkin dia masih pakai HP keypad yang capslocknya jebol!

Masih inget kasus Irzen Octa tahun 2011 lalu, ketika mau membayar tagihan kartu kredit dari 48 juta yang membengkak jadi 100 juta, dia malah diinterogasi kasar oleh 3 debt collector yang membuatnya meninggal dunia. Searching aja beritanya, masih bertebaran di dunia maya…

————————
Mari kita bahas.. Siap?

Continue Reading

Ringkasan Ilmu

Menikahlah, Maka Kau Akan Kaya

September 29, 2015

๐Ÿ“š Notulensi “PreWed School” bersama Yayasan AISI Depok.

๐Ÿฐ Masjid SDIT Rahmaniyah, Sukmajaya, Depok.

๐Ÿ“œ Ahad, 20 September 2015.

๐Ÿ“๐Ÿ“๐Ÿ“

๐ŸŽ“ Tema: Menikahlah, Maka Kau Akan Kaya.

๐Ÿ‘ฉ Ustazah Kaukabus Syarqiyah, SE,ย M.SE, CFP.

โ˜Žย 0813-1085-0910

๐Ÿ“ฑ FB โ†’ Kaukabus Syarqiyah

๐Ÿ’ป Youtube โ†’ KikauTalk

โœ… Ketika menikah, banyak plan sebelum menikah berubah.

โœ… Tuliskan visi, misi, mimpi-mimpi kita 5-10-12-15-20-25 tahun kedepan.
Ini salah satu upaya kita untuk menjaga supaya kita tidak futur, tidak lari dari dakwah.

โœ… Apa saja mimpi keuangan kalian & pasangan?

โœ… Perempuan itu ketika sudah melahirkan, sudah tidak menjadi dirinya sendiri. Dia menjadi istri seseorang, dia menjadi Ibunya seseorang, bisa jadi dia melupakan siapa dirinya sebenarnya.
Bagaimanapun perempuan punya kepribadian masing-masing.
Pasutri wajib saling support untuk memaksimalkan potensi positif masing-masing.

โœ… Perencanaan Keuangan adalah suatu langkah-langkah menyeluruh untuk mencapai tujuan keuangan.

โœ… Jangan lihat laki-laki dari asetnya & jangan menikah dengan laki-laki pemalas.

โœ… Lihat calon pasangan FUTURE VALUE.

โœ… Carilah laki-laki yang bertanggungjawab, rajin bekerja, tidak gengsian dalam hal yang halal.

โœ… Kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja keras TIDAK AKAN berkhianat.

โœ… Aset sejati sebelum menikah adalah โ†’ DIRI KITA sendiri.

โœ… Pernikahan dapat berakhir hanya karena masalah finansial.

โœ… Sedapat mungkin Suami jangan menurunkan standar hidup si Istri dari sebelum menikah ke setelah pernikahan. (ini dikutip dari Ustaz Anis Matta)

โœ… Jangan takut dengan kondisi awal pernikahan. Secara ekonomi, itu ngga masalah.
Yang bikin NGERI itu adalah perasaan orangtua. Dan kalau sudah berhadapan sama orangtua itu WAJAR.
Orangtua itu udah lebih dulu ‘makan asam garam’, lebih dulu tau rasanya ngga enaknya ngga punya uang, hidup susah, ITU KARENA MEREKA SAYANG SAMA ANAKNYA JANGAN SALAH-SALAHIN ORTU KITA NGGA NGERTI AGAMA.
Selama agama & akhlaq si laki-laki itu baik ya…

โœ… Saran untuk akhwat, lihat laki-laki dari mau atau tidaknya dia bekerja keras!

Continue Reading

Tulisan

Feeling 22

August 25, 2015

To be honest, I got several things to worry about. And it quiet disturb me almost every day. But as Taylor Swift said in one of her songs, “Everything will be alright, if we just keep dancing like we’re 22.” And here’s come the day when people said “Selamat seperempat abad”. Age just a matter of number, right. Being 25, I think there will be more responsibility and I still got some items in the waiting list. Actually, Iย have no idea on what should I write today, but maybe just a short note on what happened in the past three months.

Everything will be alright, if we just keep dancing like we’re 22..

Continue Reading