Rahasia Mendapatkan Modal

Ini merupakan kali pertama saya membeli buku mengenai bisnis. Buku ini dipilih karena sesuai kebutuhan untuk orang awam seperti saya yang sama sekali tidak mengetahui teknik berbisnis ataupun cara merancang keuangan. Ditulis oleh Bambang Prakuso, yang saya rasa beliau sangatlah mahir dalam mengejawantahkan bahasa bisnis yang cukup rumit ke masyarakat awam seperti saya yang tidak memiliki latar belakang ilmu ekonomi ataupun manajemen. Selain bahasa yang mudah dipahami, beliau menulis buku ini dengan terstruktur. Dimana pada bagian awal dijelaskan mengenai mindset kewirausahaan, persiapan mental serta cara berpikir. Lalu dilanjutkan dengan pembahasan mengenai metode atau cara berbisnis dengan menggunakan modal orang lain, cara menyusun proposal bisnis dan cash flow projection.

Buku ini layak dijadikan referensi bagi para pengusaha pemula yang ingin memulai startup business. Karena didalamnya banyak terdapat tips dan trik yang sangat bermanfaat. Seperti yang tertulis dalam buku, Penulis tampak sangat mahir dibidangnya, namun hal tersebut tidak semudah yang terbaca sekilas saja. Yang saya yakini, penulis benar-benar telah merasakan asam garam dunia wirausaha, baik dengan modal sendiri atau dengan modal orang lain. Selain itu, untuk memantapkan hati para pembacanya, Penulis mengutarakan kalimat berikut pada bagian awal buku, “Sebagai muslim, saya menyikapi takdir secara bijaksana. Langkah, rezeki, pertemuan, maut adalah sesuatu yang sudah diatur Tuhan. Namun, siapa bilang semua itu tidak bisa diubah? Manusia bisa mengubah takdir mereka. Buktinya sekalipun rukun Iman keenam adalah takdir, tetapi Tuhan juga menyatakan bahwa Tuhan tidak mengubah keadaan manusia, tetapi manusialah yang mengubah keadaan mereka.” Yang dapat saya artikan dari beberapa baris kalimat tersebut, Penulis memberikan motivasi kepada para pembaca buku ini agar tidak serta merta mengeluh dan menyerah pada keadaan. Terus mencoba walaupun berkali-kali gagal. Karena di setiap kegagalan yang dilewati, sesungguhnya merupakan langkah menuju keberhasilan.

Seperti yang ditulis oleh Penulis diatas, saya pun menuliskan review mengenai buku ini bukanlah kebetulan. Hal ini sudah ditulis oleh Tuhan dan saya pun berniat berbagi ilmu kepada teman-teman saya dengan meminjamkan buku ini dan juga diskusi terbuka mengenai ilmu bisnis yang tertulis di buku ini. Dengan adanya tambahan CD cara membuat cash flow projection, pembaca dapat benar-benar mengaplikasikan apa-apa yang tertulis di buku ini.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *